Kalapas Kediri Fasilitasi Bakat Seni Lukis Warga Binaan

    Kalapas Kediri Fasilitasi Bakat Seni Lukis Warga Binaan
    EDP warga binaan Lapas Kediri mengekspresikan bakat seni lukis di dalam Lapas.

    Kediri - Meski terbatasnya aktivitas di balik jeruji besi, warga binaan Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Kediri Kanwil Kemenkumham Jawa Timur tetap mampu mengekspresikan kreativitas melalui berbagai bentuk seni. Salah satu wujud kreativitas yang terlihat adalah melalui seni lukis, sebagai bentuk ekspresi pribadi dengan karya yang bisa dinikmati oleh semua, Sabtu (9/3/2024).

    Plt Kepala Lapas Kediri Budi Ruswanto mengatakan, pihaknya memberikan ruang dan memfasilitasi bakat seni yang dimiliki warga binaan, guna mengekpresikan diri melalui karya yang bisa dinikmati oleh semua orang.

    “Lukisan-lukisan ini bisa menjadi cerminan perjalanan hidup mereka, perasaan dan harapan untuk masa depan yang lebih baik, ” ungkap Budi.

    Dengan memfasilitasi warga binaan dengan kegiatan kreatif Budi berharap mampu menciptakan lingkungan Lapas yang lebih produktif dan mendukung perkembangan lebih positif. Selain itu, juga menjadi peluang bagi warga binaan untuk mengasah bakat dan keterampilan, serta merubah pandangan terhadap kehidupan.

    “Melalui kreativitas ini, dapat menunjukkan bahwa sesungguhnya mereka memiliki potensi untuk berubah dan memberikan kontribusi positif setelah bebas dari menjalani pembinaan di Lapas nanti, tumbuh dan berkembang sebagai individu yang lebih baik, ” sambungnya.

    Menggunakan media canvas dan cat akrilik, lukisan pemandangan mampu dihasilkan dari tangan terampi warga binaan dengan inisial EDP.  Ia mengaku suka melukis sejak dari dulu sebelum masuk Lapas. Ia mengaku dengan bakat melukis yang dimiliki bisa diekspresikan selama menjalani pembinaan di dalam Lapas.

    “Saya merasa senang akhirnya bisa melukis kembali, diberi ruang untuk bisa menyalurkan bakat yang saya bisa. Dengan melukis saya belajar bagaimana mengelola emosi dengan lebih baik dan menghasilkan sesuatu yang positif, ” pungkasnya.

    kediri
    Prijo Atmodjo

    Prijo Atmodjo

    Artikel Sebelumnya

    Timsel Jatim Zona 5 Mulai Buka Pendaftaran...

    Artikel Berikutnya

    Menyambut HBP ke 60, DWP Lapas Kediri Gelar...

    Berita terkait

    Rekomendasi

    TV Parlemen Live Streaming
    Polri TV: Transparan - Informatif - Terpercaya
    Pimpin KTT World Water Forum, Panglima TNI Sambut Kedatangan Presiden Jokowi Di Bali
    Satgasud PAM VVIP KTT World Water Forum Amankan Wilayah Udara Bali
    Dandim 1715/Yahukimo Kunjungi Koramil 1715-03/Kurima Untuk Mengecek Perencanaan dan Persiapan Renovasi Kantor Koramil Kurima

    Ikuti Kami